Gaya Bahasa Berbentuk Metafora Konseptual dalam Novel Garis Waktu Karya Fiersa Besari
(1) Universitas Sebelas Maret, Jalan Ir. Sutami, No. 36A, Jebres, Surakarta, Indonesia
(2) Universitas Sebelas Maret, Jalan Ir. Sutami, No. 36A, Jebres, Surakarta, Indonesia
(3) Universitas Sebelas Maret, Jalan Ir. Sutami, No. 36A, Jebres, Surakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan membahas klasifikasi domain sumber pada pembentukan metafora konseptual dan menjelaskan berbagai fungsinya terhadap narasi cerita maupun pembaca. Sumber data penelitian adalah novel Garis Waktu (2016) karya Fiersa Besari. Data penelitian ialah kalimat yang mengandung pembentukan metafora konseptual. Pendekatan penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan pemerolehan data melalui relevances sampling. Pendekatan teori menggunakan penentuan klasifikasi domain sumber metafora konseptual dan strukturalisme kesusastraan. Metode analisis menggunakan metode analisis isi, introspektif, dan padan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan metafora konseptual oleh seorang penulis dalam karyanya memiliki berbagai fungsi. Berbagai fungsi pembentukan metafora konseptual yang dijumpai ialah memberikan nilai filosofis, menampilkan estetika berbahasa, memperkuat dan memperdalam makna yang terkandung, memperluas konsep makna, menghindari kebosanan dan kejenuhan pada diksi, memberikan gambaran fisik terhadap entitas abstrak, memberikan makna yang tersirat, menyederhanakan istilah terhadap konsep yang kompleks, serta memperjelas unsur ekspresif perasaan tokoh. Konsep makna yang merujuk pada pengklasifikasian domain sumber ditemukan sebanyak 14 klasifikasi.
[Figurative Language in the Form of Conceptual Metaphor in Fiersa Besaris Novel of Garis Waktu] The research aims to discuss the classifications of source domains in the construction of conceptual metaphor and describe their functions for the story narrations and readers. The researchs data are sentences that have the construction of conceptual metaphors. The approach of the research was descriptive qualitative and relevance sampling was the data collection method. The theoretical approach used was the source domain classifications and structuralism. Data were analysed with content analysis, identity method, and introspective method. The result of the study showed that the constructions of conceptual metaphor by a writer in their content of story have many functions. The functions of conceptual metaphor formations include providing the philosophical value, showing the aesthetic of language, strengthening meaning, expanding the meaning concept, avoiding the boredom of diction, giving the physical perception of an abstract entity, giving hidden meaning, simplifying expressions of complex meaning, and showing the emotion of the characters feeling. The perspective of concept as the comparison in the conceptual metaphor could be understood as a source domain. There were 14 classifications of source domain found in the novel of Garis Waktu.
Keywords: conceptual metaphor; source domain; classifications of source domain
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus, C. (2013). Conceptual Metaphor Related to Emotion. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(2), 204–214. https://doi.org/https://doi. org/10.17509/bs_jpbsp.v13i2. 292
Besari F. (2016). Garis Waktu. Jakarta: Media Kita.
Cruse, A., & Croft. (2004). Meaning in Language: an Introduction to Semantics and Pragmatics (Second Edition). New York: Oxford Uni-versity Press.
Eagleton, T. (1996). Literary Theory. Blackwell Publishing. Oxford
Fajrin R, H. (2012). Novel The Hunger Games: Teori Psikoanalisis. Sawerigading, 18(3), 417–426. http://sawerigading.kemdikbud. go.id/index.php/sawerigading/article/view/382
Haula, B., & Nur, T. (2019). Konseptualisasi Metafora dalam Rubrik Opini Kompas: Kajian Semantik Kognitif. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 12(1), 25–35.
https://doi.org/10.26858/ retorika.v12i1.7375
Haley, M. C. (1980). Linguistics Perspective on Literature. London: Routledge & Kegan Paul.
Kempson, Ruth M. (1995). Teori Semantik. Terjemahan: Abdul Wahab. Surabaya: Airlangga University Press.
Kövecses, Z. (2010). Metaphor: A Practical Introduction. Second ed. New York: Oxford University Press, Inc,.
Krippendorff, K. (2004). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. United States of America: Sage Publications, Inc,.
Lakoff, G., & Johnson, M. (2003) Metaphor We Live By. Chicago: The University of Chicago.
Patrianto, H. (2016). Penerjemahan Bentuk Metafora Gramatikal sebagai Indikator Kesulitan Penerjemahan Teks Sains dan Humaniora. Kandai, 12(2), 167–186. https: //ojs.badan bahasa.kemdikbud. go.id/jurnal/index.php/kandai/article/view/79
Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Diandra Primamitra.
Sungkowati, Y. (2016). Persoalan Lingkungan dalam Novel Lemah Tanjung Karya Ratna Indraswari Ibrahim. Widyaparwa: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, 44(2), 61–72. https://www.widyaparwa. com/index.php/widyaparwa/article/view/129
Ulya, C., Eko W., N., & Mujiyanto, Y. (2016). Metafora dalam Puisi Antikorupsi Karya Penyair Indonesia. Atavisme, 19(2), 206–219. https://doi.org/10.24257/atavisme.v19i2.246.206-219
Utorowati, S., & Sukristanto. (2016). Jenis dan Fungsi Metafora dalam Novel Anak Bajang Mengiring Angin Karya Sindhunata: Sebuah Analisis Dekonstruksi Paul De Man. Jurnal Metafora 2(2). 1-17. http:// jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/METAFORA/article/view/1097
Wiradharma, G., & Tharik WS, A. (2016). Metafora dalam Lirik Lagu Dangdut: Kajian Semantik Kognitif. Arkhais - Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 5–14. https://doi.org/10.21009/arkhais.071.02
DOI: https://doi.org/10.24257/atavisme.v23i1.629.117-133
Article metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
ATAVISME INDEXED BY:
ATAVISME is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
Visit Number: