Si Bulus-Bulus Si Rumbuk-Rumbuk sebagai Teks yang Hegemonik
(1) Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
(2) Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada
(3) Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ashcroft, B., Griffiths,G., and Tiffin, H. (2007). Post-Colonial Studies: The Key Concepts Second Edition. New York-London: Routledge Taylor & Francis e-Library.
Bhabha, H.K. (1994). The Location of Culture. London and New York: Routledge.
Budiman, M. (2008). “Kata Pengantar Edisi Indonesia: Masalah Sudut Pandang dan Dilema Kritik Postkolonial.” Dalam Sastra Indonesia Modern: Kritik Postkolonial, ix–xxiii. Jakarta: Obor Indonesia & KITLV.
College Marketing and Communication. (2019). “Susan Rodgers.” Diperoleh 13 Maret 2019 dari https://www.holycross.edu/academics/programs/sociology-and-anthropology/faculty/susan-rodgers.
Dongoran, T. (1997). Willem Iskander (1840-1876): sebagai Pejuang Pendidikan dan Pendidik Pejuang Daerah Sumatera Utara. Medan: Pemda Tk. I Provinsi Sumatera Utara.
Faruk. (2007). Belenggu Pasca-Kolonial: Hegemoni & Resistensi dalam Sastra Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Foucault, M. (1972). The Archaeology of Knowledge. New York: Routledge.
Foulcher, K. and Day, T. (2008). “‘Bahasan Postkolonial dalam Sastra Indonesia Modern.’” In Sastra Indonesia Modern Kritik Postkolonial, Jakarta: Obor.
Gramsci, A. (2005). “History of the Subaltern Classes.” In Media and Cultural Studies, 13-17. Oxford: Blackwell Publishing.
Gramsci, A.(1999). Selections from The Prison Notebooks: Antonio Gramsci. London: ElecBook.
Hafizh, M. A. (2018). “Rasisme dalam Novel-Novel Jacqueline Woodson.” (Disertasi). Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Harahap, B.H., and H. M. Siahaan. (1987). Orientasi Nilai-Nilai Budaya Batak: suatu Pendekatan Terhadap Perilaku Batak Toba dan Angkola-Mandailing. Jakarta: Sanggar Willem Iskander.
Harahap, B.H. (1977). “Willem Iskander, Pelopor Pendidikan Bangsa.” In Willem Iskander (Sati Nasution): Tokoh Pendidikan dan Sastrawan dari Sumatera Utara, 68–76. Medan: Mitra
Harahap, B.H. (2004). Madina yang Madani. Panyabungan: Pemerintah Daerah Kabupaten Madina.
Harahap, D.R. (2009). “Willem Iskander Penyair yang Juga Guru.” In Willem Iskander (Sati Nasution): Tokoh Pendidikan dan Sastrawan dari Sumatera Utara, 77–82. Medan: Mitra
Huddart, D. (2006). Homi K. Bhabha. London-New York: Routledge Taylor & Francis e-Library.
Iskander, W. (1872). Si Boeloes-Boeloes, Si Roemboek-Roemboek: Sada Boekoe Basaon. Batavia: Landsdrukkerij.
Iskander, W. (2002). Si Bulus-Bulus Si Rumbuk-Rumbuk: Dwi Bahasa Pengantar dan Terjemahan Basyral Hamidy Harahap. Jakarta: Sanggar Willem Iskander.
Lubis, H.S. (2007). Modernisasi Pada Bentuk dan Tema dalam Prosa-Prosa Willem Iskander (1840-1876). Logat: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3 (1), 18–25.
Lubis, Z.P. (2011). Lebih Jauh Tentang Willem Iskander dan Si Bulus Bulus, Si Rumbuk Rumbuk. Medan: Pustaka Widiasarana (Kelompok Humaniora-Pokmas Mandiri).
Lumbantoruan, N, and Sahril, OK. (2013). Willem Iskander (Sati Nasution) Tokoh Pendidikan dan Sastrawan dari Sumatera Utara. Medan: Mitra.
Reid, A. (2011). Menuju Sejarah Sumatra: Antara Indonesia dan Dunia. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia & KITLV.
Rodgers, S. (2002). “Compromise and Contestation in Colonial Sumatra: An 1873 Mandailing Schoolbook on the "Wonders of the West.” Bijdragen tot de Taal-, Land- en Volkenkunde 158 (3), 479–512.
Rodgers, S. (2007). Narrating ‘the Modern’: Colonial-Era Southern Batak Journalism and Novelistic Fiction Asoverlapping Lliterary Forms. Bijdragen tot de Taal-, Land- en Volkenkunde, 163 (4), 476–506.
Said, E. (1994). Orientalisme (Diterjemahkan oleh Asep Hikmat dari Orientalism). Bandung: Pustaka.
Said, E. (2005). Bukan Eropa: Frued dan Identitas Politik Timur Tengah. Tangerang: Marjin Kiri.
Simamora, F. (2018). “Wawancara tentang Kebiasaan Orang Mandailing.”
Siregar, K. Djono, D. dan Agung, L. (2018a). Analisis Kebudayaan dalam Karya Sastra Willem Iskandar Si Bulus-Bulus Si Rumbuk-Rumbuk. Sejarah Citra Lekha, 3 (2), 99–107 (doi: 10.14710/jscl.v3i2.19714).
Siregar, K., Djono, D., and Agung, L. (2018b). The Implementation of Willem Iskandar’s Thought in the Historical Learning. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding (IJMMU), 5 (3), 234–45 (doi: 10.18415/ijmmu.v5i3. 346).
Titscher, S, Mayer, M., Wodak, R., and Vetter, E. (2009). Metode Analisis Teks Dan Wacana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.24257/atavisme.v22i1.549.88-100
Article metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
ATAVISME INDEXED BY:
ATAVISME is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
Visit Number: