Unsur Didaktis Dalam Syair Lagu Rakyat Papua

Ummu Fatimah Lia Lestari(1*)

(1) Balai Bahasa Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat, Jalan Yoka Waena Distrik Heram Kota Jayapura
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini mengkaji unsur didaktis dalam lagu rakyat (daerah) di Papua. Tujuan pe­ nelitian ini adalah mendeskripsikan unsur didaktis yang terdapat dalam syair lagu rakyat Papua. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data diperoleh dari metode pustaka. Cara analisis dimulai dengan memeriksa kembali data­data dan kemudian memilah­milahnya berdasarkan jenis dan tipenya. Dalam pemilahan ini, ada delapan belas lagu rakyat Papua yang dianalisis. Unsur-unsur didaktis yang terdapat di dalamnya adalah a) unsur intelektual, dalam hal ini adalah sikap tekun atau bersungguh­sungguh dalam menuntut ilmu dan sikap gotong royong (kerja sama); b) unsur etika dan agama, dalam hal ini adalah sikap menghormati orang tua dan sikap bersahabat; dan c) unsur filosofis, dalam hal ini adalah sikap cinta kepada kampung (tanah air).

Abstract:
This research analysis about didactic substance in Papua folksongs. We have known that the Papua folksongs are the part of Papua culture. This research uses the descriptive method. The data was collected by library research. The analyze process start from recheck the data, then to select it based on its varieties and types. This research have 18 titles of Papua folksongs was analyzed. The researcher found their didactic substances are: a) intellectually substance, such as the diligent attitude; b) ethic and religion substance, such as cooperate attitude; and c) philosophic substance, such as patriotic attitudes.

Key Words: didactic substance, folksong, Papua

Keywords


syair lagu; Papua; unsur didaktis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24257/atavisme.v15i2.64.247-259

Article metrics

Abstract views : 274 | views : 527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




ATAVISME INDEXED BY:

   

ATAVISME is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Visit Number:

View My Stats